Jumat, 04 Januari 2013

Toyota & Audi Siap Pamer Mobil Tanpa Supir Di CES 2013

Toyota & Audi Siap Pamer Mobil Tanpa Supir Di CES 2013
© cnet.com


Google dan Volvo bukan satu-satunya perusahaan yang tertarik membesut mobil tanpa awak/supir. Tetapi Toyota dan Audi juga berniat dengan hal serupa.

Sebagaimana dilansir The Wall Street Journal, Toyota dan Audi berencana memamerkan mobil tanpa awak buatan mereka di ajang Consumer Electronics Show (CES), di Las Vegas, 8-11 Januari mendatang.
Toyota menjanjikan akan menunjukan mobil Lexus AASRV (Advanced Active Safety Research Vehicle) yang akan berjalan tanpa awak/supir. Bahkan Toyota telah memperlihatkan sebuah video pratinjau yang menunjukan mobil canggihnya itu.


Dalam video itu, Toyota seperti sedang menguji mobil tanpa awak mereka dengan memasangkan beberapa alat seperti radar, kamera, atau mungkin sistem laser untuk membantu mengenali sekitarnya.
Sementara itu perwakilan Audi juga mengatakan akan menunjukkan kemampuan yang sama di acara itu, termasuk kemampuan untuk mencari tempat parkir dan memakirkan secara otomatis tanpa harus ada manusia di belakang kemudi.

Seperti mobil riset milik Google, prototipe mobil Toyota nanti tampaknya akan terpasang laser di atapnya yang berfungsi sebagai pemandu. Mobil ini juga diprediksikan akan dilengkapi dengan radar dan kamera yang berfungsi sebagai navigasi jalan.

Mobil-mobil tanpa supir ini mampu mengemudi ke lokasi tertentu berdasarkan indikator visual, sofware, GPS, dan berbagai sensor. Google sendiri telah mempekerjakan tim ahli robotika untuk mengembangkan sistem untuk mobil tanpa supir ini. Hasilnya, mobil buatan mereka itu mampu berjalan lebih dari 300.000 mil.
Nevada adalah negara bagian AS pertama yang mengeluarkan izin untuk mobil canggih tanpa awak ini.(kbs/irw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...